Pemeliharaan Dan Pengembangbiakan Ikan Cupang


 

 

 

 

 

 

Ilustrasi Gambar  pembudidaya ikan cupang

 

Ikan cupang berkembang dengan cara bertelur dan telurnya menempel pada substrat seperti akar tanaman, daun-daun atau serabut rapia.

Ciri ikan jantan untuk dipijahkan:

  • Umur ± 4 bulan.
  • Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah terang atraktif
  • Gerakannya agresif dan lincah.
  • Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri-ciri ikan betina:

  • Umur telah mencapai ± 4 bulan
  • Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
  • Gerakannya lambat.
  • Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
  • kondisi badan sehat.

Pemijahan dan perawatan ikan

Setelah induk cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan, yaitu:

  1. Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
  2. Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 – 30 Cm.
  3. Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
  4. Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
  5. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
  6. Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
  7. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.

Pembesaran anak

  1. Ketika burayak ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
  2. Pindahkan anakan bersama induk jantannya.
  3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
  4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
  5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.
Komentar
  1. ananda mengatakan:

    cari cupang yang bagus

  2. risal/ical mengatakan:

    saya inin memeliara ikan cuang x

  3. ardi adrianshy mengatakan:

    sya ingn s.x bljr tpi sma siapa

  4. izaL mengatakan:

    bang anakan cupang bs makan kutu air setelah umur berapa hari setelah menetas?

  5. chuantya nags djogdja mengatakan:

    tapi kok gak menelur yaw udah di tggu 3 hari 3malam

  6. anonim mengatakan:

    kok… anakan ikan saya banyakan yang mati….sih …

  7. mizan mengatakan:

    hem….saat pemijahan setelah point ke 2 itu, kan anakan harus di pindahkan bersama dengan induknya…pertanyaannya: induk jantannya tetap ikut sampai anakannya besar???

  8. chandra mengatakan:

    gann sorii nie ane gangu mau nayainn kalaw pakan anakan cupang yg baru berumurr dua sampe tiga minggu kasih pakan apa’ann???

  9. henry mengatakan:

    ini sama babe aripin sama nggak ya…..trims

  10. henry mengatakan:

    babe aripin & deni msh jual ikan cupang nggak…… udh lama nggak main cupang…ada ikan bagus nggak..harganya berapaan ya..trims

  11. rismawanda mengatakan:

    Saat mau kawin dikasih penutup daun ketapang ndk papa kh

  12. iwan mengatakan:

    Gan,ikan jantan saya mati pas jaga telur nya,
    Bisa gak di ganti sama jantan lain???

    • Head-longerz mengatakan:

      kenapa bisa mati gan?? apa perawatan agan kurang hati hati? kalau diganti dengan jantan lain, saya kurang yakin. bisa saja telur telur itu dan anak ikan nya dikanibalisme

  13. martin mengatakan:

    minta no telp wa rusli dong

  14. Rizky Han Scorpio mengatakan:

    Saya mau tanya nih..
    Selain kutu air, apa yg bisa untuk kasih makan anak ikan yg baru netas/slama 10 hri ?

    soalnya ditempat saya susah cari Kutu airnya..
    terims..

    #Koment ya Bg!

    • Head-longerz mengatakan:

      untuk pakan anak ikan yang baru netas selama 10 hari dan tidak ada kutu air, agan bisa pakai dengan makanan ikan yang biasa dijual untuk makanan ikan hias, syarat nya, makanan tersebut di hancurkan dulu sampe lembut dan seperti bubur, baru agan kasih sedikit demi sedikit, sesuai kebutuhan aja.

  15. Desta mengatakan:

    Gan cara mencari kutu air biasa nya d mana? Y gan? Maaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s